Selasa, 17 April 2012

PROSA


TUGAS KULIAH
ILMU BUDAYA DASAR
“PROSA”
SISTEM INFORMASI - 2012
 
Nama : Halimatun Sahdiyan
NPM : 1A111386
Kelas : 4KA29   
 

PROSA
A.      Pengertian Prosa
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme (rhythm) yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.prosa juga dibagi dalam dua bagian,yaitu prosa lama dan prosa baru,prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat,dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun.

B.       Contoh Prosa
Berikut merupakan contoh prosa :
Anak lelaki itu duduk diseberang sebuah gedung tinggi, ia menaruh topi dengan posisi tengadah di dekat kakinya sambil membawa sebuah kertas karton bertuliskan “saya buta, tolonglah.” Ya, dia memang buta dan berharap orang-orang akan memberinya uang. Beberapa orang yang lewat melempatkan uang receh ke dalam topi anak itu. Ia berhasil mengumpulkan beberapa uang receh sampai seorang pemuda lewat di depannya. Pemuda itu merogoh beberapa uang receh dari sakunya, dan menuangkannya ke dalam topi. Ia lalu mengambil kertas karton yang mengabarkan bahwa anak itu buta. Ia menatap kertas karton itu beberapa saat lalu membaliknya, menuliskan sesuatu diatasnya dan mengembalikannya pada si anak lelaki buta agar orang-orang yang lewat dapat melihat apa yang ia tuliskan.
Tidak berapa lama setelah orang-orang membaca tulisan pemuda itu, si anak lelaki buta mendapati begitu banyak uang receh di topinya. Ada lebih banyak orang yang mau memberinya uang setelah melihat tulisan si pemuda. Menjelang sore, pemuda tadi kembali menemui anak lelaki buta itu untuk melihat bagaimana kata-kata yang ia tuliskan bekerja. Si anak lelaki buta mengenali langkah kakinya dan bertanya “Apakah kau pemuda yang tadi menuliskan sesuatu di kertas kartonku tadi pagi? Sebenarnya apa yang kau tulis?” Pemuda itu menjawab “Saya cuma menulis kebenaran. Saya katakan seperti apa yang kamu katakan tapi dengan cara yang berbeda. Apa yang aku katakan sebenarnya adalah “hari ini sangat indah, dan aku tidak dapat melihatnya.”
Pemuda itu lalu membungkuk dan berkata pelan pada anak lelaki buta “bukankah kalimat pertama dan kedua mengabarkan hal yang sama, bahwa kamu buta? tapi kalimat pertama cuma mengatakan kalau kamu buta, sedangkan kalimat kedua menyampaikan pada orang-orang bahwa mereka begitu beruntung karena mereka tidak buta dan dapat melihat keindahan hari ini.” Anak lelaki buta itu tersenyum dan berucap “tentu saja itu membuat kalimatmu menjadi lebih disukai.” Lalu si Pemuda menjawab “maka tidak ada yang sia-sia atas keberadaanmu jika bisa mengingatkan mereka untuk bersyukur.”

C.      Hikmahnya
Hikmah yang bisa kita ambil dari contoh prosa diatas adalah, apapun yang kita miliki wajib kita syukuri, karena diluar sana banyak orang yang keadaannya kurang beruntung dari kita.
 

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar