Senin, 19 November 2012

Waria


Waria

Tema : Warganegara dan Negara

Sejak dulu, keberadaan waria dalam masyarakat belumlah bisa diterima secara adil. Mereka seringkali menjadi kelompok yang dimarginalkan, terutama karena persoalan orientasi seksual yang dipilihnya. dalam suatu kasus yang terjadi sekarang, terjadi ketidakjelasan antar status jenis kelamin yang dia memiliki. Contohnya dia seorang laki-laki tetap dalam jiwanya dia memiliki jiwa wanita. Selain itu ada kasus yang sebaliknya. Dan ada juga orang memiliki dua jenis kelamin yang tidak jelas apakah status kelaminnya yang sebenarnya. Hal tersebur membuat mereka berbeda dengan yang lainya. Mereka dianggap tidak normal dan berbeda dengan yang lainnya.

Walaupun mereka berbeda dengan pria dan wanita normal tetapi sebagai warga negara mereka memiliki hak dan kewajiban untuk negaranya, terutama Hak Asasi Manusia. Seorang waria memiliki HAM yang sama dengan pria dan wanita normal lainya, walaupun di mata masyarakat dia dianggap tidak jelas dengan status yang dimiliki dan menjadi bahan cemooh serta dapat dikucilkan oleh lingkungan. Padahal mereka pun manusia yang memiliki perasaan dan bisa merasa sakit hati akibat perlakuan- perlakuan tak wajar yang sering mereka terima, sama seperti kita semua.

Sebenarnya tak banyak yang dituntut oleh kaum waria itu. Hanya pengakuan akan keberadaan mereka dan kesetaraan akan segala hal yang berhubungan dengan kemanusiaan. Sebagai contoh adalah susahnya waria untuk mencari pekerjaan yang dapat digunakan sebagai penopang hidup mereka. Padahal tidak semua waria suka bersikap kasar dan bertindak seenaknya, bahkan banyak dari mereka yang memiliki potensi lebih. Bila hal seperti ini terus berlanjut, tak heran banyak waria yang akhirnya terpaksa mencari nafkah dengan mengamen di jalan. Dan ekstrimnya, mereka terpaksa berpenampilan “wah” untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat paham bahwa mereka eksis. Jadi, jangan salahkan waria bila mereka mencari berbagai macam cara, yang terkadang membuat kita merasa tidak nyaman, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Daftar pustaka
http://www.tnol.co.id
http://katakan-pada-dunia.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar